Pengertian Memory dan RAM

Memory dan RAM . pada postingan kali ini sharing akan berbagi informasi tentang memory dan RAM yang mungkin selalu kita dengar apabila kita berhubungan dengan komputer. tapi sebelumnya mohon baca emoticon chat facebook complete terlebih dahulu biar gimanaaaa gitu.. hehehehe.

ada 6 persyaratan untuk menyatakan  komputer bisa hidup :

1.CPU
2.MOTHERBOARD
3.RAM/Memory
4.keyboard
5.Monitor
6.CATU DAYA (Batery: Netbook contohnya).

Dengan 6 hardware diatas  kalau memang semua berjalan normal sebuah komputer sudah bisa berinteraksi dengan kita,walaupun masih dalam kondisi Minimal/terbatas...misalkan kita nyalakan tanpa casing-Hdd-cd/dvd, kita sudah bisa menikmati Menu Bios (Basic Input Output System) contohnya.
Untuk melengkapi judul diatas, Ane mencoba memilih salah satu Hardware penting dalam sebuah Komputasi, yaitu RAM atau disebut juga Memory.
 dalam kegiatan kita berkomputer se-hari2 ... Kita bisa membuat sebuah laporan , mendengarkan Lagu Favorite..Kita juga bisa membuat kreatifitas desain ...yang kemudian hasilnya bisa cepat dan Detail dan di Visualkan begitu komplek tekstur dan keindahaannya di Layar Monitor. ternyata logikanya kerja Komputasi  ngga sesederhana itu.

..Ane punya logika ...mungkin seperti ini :
...User/Pengguna atau Kita membuat sebuah  instruksi melalui input tuts keyboard yang kemudian diterjemahkan oleh Processor melewati Controller (sering di sebut juga : "BUS")....kemudian diteruskan Ke Memory/RAM secara simultan (singkatnya : Processor-Bus-Ram).  Controller/BUS adalah sebuah sirkuit yang tertanam di dalam sebuah Motherboard.

Dalam sebuah komunikasi Processor-Controller-RAM.
 Ada 3 (tiga) Tugas pokok yang berbeda yang mampu ditangani oleh Sebuah Controller/BUS :
1) Data.
2) Address.
3) Kontrol.
1) Controller/BUS-Data, memang tugasnya hanya membawa data saja, data yang dikirim/ambil dari Processor~RAM secAra terus   menerus.
2) Controller/BUS-Address, Yang bertugas memberitahu RAM dimana tepat letak data itu harus diambil/dikirim.
3) Controller/BUS-Kontrol, bertugas memebritahu RAM, jenis instruksi2 apa saja yang akan di kerjakan ....bisa tulis ..bisa baca saja.

Dalam 1 keping Memory/RAM ada hitungan2 seperti ini : Kecepatan Memory/RAM (Clock Rates) - Kapasitas Maksimum per keping - Kapasitas Total maksimum - dan Type RAM ( BISA SDR - DDR - DDR2 - DDR3 dan seterusnya ), semua hitungan2 an ini ditangani/diatur oleh yang Namanya Contoller/BUS yang tertanam dalam sebuah Motherboard. jadi misalkan kita mempunya motherboard hanya suport RAM  DDR2 533 (PC-4300) trus kita pasang dengan RAM DDR2 667 (PC-5300), keping RAM tsb tetap akan di akses dengan Clock rate/kecepatan DDR 533 (PC-4300) ...Intinya clock rates lebih tinggi keping RAM tetap akan di akses sesuai Definisi Contoller RAM/BUS di motherboard. tapi ini sebenarnya hanyalah aturan umum saja (patokan manufacture ataw aturan dari pabrik nya sono ...hehe ..sapa hya?), terkadang biarpun motherboard-A hanya mendukung kecepatan/clock Rates/Frequensi 533mhz, tapi bisa2 saja motherboard -C malah bisa di konfigurasi kecepatan diatas
 150% (bisa lebih) diatas kecepatan standarnya.( hanya Orang2 enthusiaz & OverClocker yang suka bagian ini ).

kalo dah berhubungan dengan hitungan2 kecepatan, pasti ada hubungan nya juga dengan Data (dalam hal ini data yang ditransfer) atau di sebut juga Bandwith, karena kita masih membahas tentang RAM. jadi Bandwith adalah kecepatan maksimum data (bisa jutaan ...bisa milyaran bytes) yang bisa di gelontorkan ...atau di hantarkan sepersekian detik.
Bandwith Memory bisa di hitung dengan rumus : Kecepatan asli RAM X data x BUS data(bit) : 8. (koq 8 hya?...perlu di ketahui karena Lebar data (width) architektur sebuah RAM sampai saat ini adalah 64-bit, atau jika dikonversikan kedalam satuan byte sama dengan 8 byte. [ingat khan 1 byte = 8 bit]). jadi lebih sederhana lagi Rumus Kecepatan transfer Data(Bandwidth)=Bus(MHz) x Lebar Data (Byte) ..ini sama saja misalkan RAM DDR2 PC667 = 667 X 8 = 5.336 MB (klo disederhankan = 5300 makanya di sebut pc-5300).

Tekhnologi DDR (Double Data Rate) Teori nya bisa mentransfer dua  data per Clock cycles. artinya keping Memory DDR bisa menstransfer data dua kali lebih cepat dibandingkan Tekhnologi RAM SDR (Single Data Rate) walaupaun barjalan di Clock / frequensi yang sama. enak nya lagih klo tekhnologi RAM DDR biasanya dah di labeli dengan Dua kali clock rate Asli, contohnya : RAM DDR 667 / PC-5300 Clock Aslinya berjalan di FSB 333 mhz (667:2=333.5) sesuai apa yang sudah di tetapkan olehController RAM/BUS. Bagaimana kalau FSB di Set diatas 333 mhz (400 mhz msl nya, ini namanya Over dozis ...hehe...bisa2 Komputer ngga nyala, tapi hya bisa bisa saja FSB di set diatas 333 mhz tapi harus bertahap, Lebih Aman nya bertahap di kelipatan 2 mhz ....sampai bener2 Komputernya ngga Mudheng/ hank ...hehe).

perlu di ketahui juga tentang istilah misalnya DDR2 533 (PC-4300) atau misalnya DDR2 667 (PC-5300), kita ambil contoh ddr2 667 ini hanyalah merujuk ke Standard Chip Memory yg di pake. Sedangkan yang satu lagih tentang PC-5300/PC-4300 yang ini merupakan Standard utk Modul Memory.tapi untuk Kelas Pengguna biasa seperti Ane sudah paham dengan Istilah Clock rate dan Kecepatan transfer ini ajah dah ..huu ...lebih dari cukup.( klo detil2 banget makin puyeng ane ...hehe).  bagaimana dengan tekhnologi dual Chanel, triple dan quad channel ?? ini hanyalah sbuah trik tekhnologi untuk Menggenjot kecepatan RAM standar menjadi dua kali lipat - tiga - bahkan 4. Tujuannya hanya satu, supaya bisa mengimbangi kecepatan Proceesor Modern saat ini. malah sekarang2 ini ada tekhnologi Controller RAM yang di Integrasikan dalam satu keping Processor ( bukan tertanam di Motherboard) ..bisa di bayangkan, kalau dulu pengin mbuka passwd lupa di kelas Pentium butuh berhari-hari, tapi klo di kelas Proceesor Multi core ...hanya dengan kedipan mata ....langsung bla bla bla.

hmm, Satu lagih hampir ketinggalan. dalam kinerja Ram ada Istilah Latensi atau Timming .....bhs sederhananya Waktu-tunggu.  klo di ibarat kan di sebuah Orkestra musik ada yang namanya Tempo atau ketukan Nada.  Memory / RAM dalam bekerja di kenal CAS Latency(CL) yang memberitahukan kepada kita berapa waktu tunggu data yang di transfer dari CPU - RAM dan sebaliknya. makanya ngga aneh klo kecepatan dua Modul RAM bisa berbeda hasilnya, walaupun punya kecepatan transfer Maksimum sama hanya  karena perbedaan timming atau CAS-Latensi ini. semakin kecil nilai CL ini semakin ketat perbedaan dan semakin cepat kinerja sebuah RAM/Memory, contohnya CL-7 akan lebih gesit dibanding CL-9 dan sebaliknya. sering kita melihat deretan deretan Angka spt ini : 4-4-4-8 atau 5-5-5-15 atau 9-9-9-24 , angka terdepan spt : 4 ;5 ;9 inilah yg di sebut CL (CAS-Latency).diurutan dua disebut tRCD, angka diurutan ketiga di sebut tRP, diurutan paling akhir di sebut tRAS. (ngga akan ane bahas lah makin puyeng ..hehe..). intinya smakin kecil deretan angka2 itu kinerja RAM semakin cepat. tapi sekali lagih ...tergantung kwalitas chip memory yang terpasang di keping/modul memory itu sendiri. dan biasanya klo kita ngrakit komputer ...biasanya konfigurasi RAM dah tersetting secara Auto di BIOS nya, tapi kalau kita pengin tau lebih dalam ..bisa di ubah ke Posisi manual ...nanti akan terlihat deretan2 angka sperti tsb diatas. silahkan genjot performa Komputer kita lewat keping RAM.

nah demikian, artikel yang saya dapat dari doc bukan pc+, semoga artikel  mengenai Memory dan RAM dapat bermanfaat bagi sobat semua .

sumber : fb doc bukan pc+


0 Responses to “Pengertian Memory dan RAM”

Post a Comment