RSS, CSS, Kategori, Tags dan url Beserta Fungsinya

penjelasan  RSS,  CSS, Kategori,  Tags dan  url  - baiklah pada kesempatan kali ini Sharing akan berbagi pengetahuan baru yakni RSS,  CSS, Kategori,  Tags dan  url selamat membaca :


RSS adalah Kependekan dari Really Simple Syndication.
Fungsinya, untuk mempermudah seseorang mengkonsumsi konten (postingan, artikel, tulisan) dari sebuah situs/blog. Sebetulnya ini bentuk 'bookmark' yang lebih canggih. Sementara keuntungan bookmark cuma bahwa kita nggak perlu ngetik alamat situsnya kalo kita mau berkunjung, alias tinggal klik aja di browser. Nah, kalo RSS, selain nggak perlu ngetik alamat, kita juga nggak perlu berkunjung ke situs tersebut untuk mengetahui update terbarunya.

Misal Anda berlangganan RSS blog saya. Update dari blog saya akan muncul di RSS Reader Anda (biasanya Reader-nya sudah ada di browser) berupa daftar postingan terbaru saya. Anda bisa pilih mana yang mau Anda baca, mana yang tidak. Dan misal Anda berlangganan RSS banyak situs/blog lain, update dari situs lain itu juga akan muncul di RSS Reader Anda dan, sekali lagi, Anda tidak perlu berkunjung langsung ke situsnya. Hemat waktu, hemat biaya.

CSS adalah Kependekan dari Cascading Style Sheet.
Fungsinya, mengatur penampilan situs/blog Anda. Tanpa CSS, blog Anda bakal cuma nampak semacam sebuah tabel putih bertulisan hitam.

Lebar blog, warna background, besar kecil tulisan, letak sidebar, dsb itu diatur dengan CSS.

Kategori adalah ya semua posting yang kita buat, bisa kita pilah sendiri, contoh : anda pertama kali, membuat posting software berry , jadi bisa anda kategorikan software, nanti dan seterusnya , yang jelas bagian dari tema postingan yang kita buat .

TAGS adalah
Sedikitnya ada dua fungsi.
Pertama, untuk mengenalkan pada pembaca artikel Anda itu tentang apa. Misal Anda bikin postingan berjudul, "Kenapa Kartini Pake Kebaya dan Bukan Gaun a la Eropa?" kemudian Anda beri tag, "humor, tebakan, lucu" maka pembaca akan mengerti bahwa artikel Anda bukan esai.

Kedua, untuk mempermudah orang menemukan postingan Anda. Di WordPress.com ini saja, ada milyaran artikel. Mereka yang ingin membaca artikel lucu akan sulit menemukan postingan Anda yang lucu jika tidak Anda beri tag 'lucu' pada postingan tersebut.

Artikel dengan tag 'lucu' akan otomatis terdaftar di http://id.wordpress.com/tag/lucu
Artikel dengan tag 'opini' akan otomatis terdaftar di http://id.wordpress.com/tag/opini

Setiap kali ada tulisan diterbitkan, tulisan tersebut langsung masuk daftar-daftar seperti di atas. Misal sebuah artikel diberi 5 tag, ia akan muncul dalam 5 daftar tag seperti yang ditunjukkan alamat di atas. Berlaku juga untuk kategori. Misal artikel Anda dimasukkan dalam 2 kategori dan 5 tag, maka artikel tersebut akan muncul dalam 7 daftar tag (tag listing).

URL adalah
Kependekan dari Uniform Resource Locator. Gampangnya, URL adalah alamat.
URL blog adalah http://berryhs.com/
URL Facebook http://facebook.com
Dll.


0 Responses to “RSS, CSS, Kategori, Tags dan url Beserta Fungsinya”

Post a Comment